Jumat, 25 Maret 2011

Cara Mengobati Jerawat Dengan bahan alami

Timbulnya jerawat memang sebuah masalah yang sangat mengganggu, acne-jerawat Jerawat atau nama asingnya Acne Vulgaris merupakan radang kulit yang biasanya timbul pada kulit muka remaja. Bentuknya seperti benjolan kecil-kecil dan berisi semacam cairan atau lemak. Pada remaja pada umumnya mengalami perubahan-perubahan, bergerak dan bekerja lebih giat, karenanya getah yang dibuatnya lebih banyak dari waktu-waktu sebelumnya. Demikian pula yang terjadi pada kelenjar minyak pada kulit. Jadi, penyebab utama timbulnya jerawat adalah produksi minyak yang terlalu banyak oleh kelenjar di dalam kulit. Jerawat banyak terdapat pada kulit muka(pipi, dahi) walau terkadang juga terdapat pada pinggang dan dada.

Cara mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami:
Gejala atau tanda-tanda jerawat mudah dilihat dan dirasakan, diantaranya pada kulit acnemuka terdapat benjolan baik besar atau kecil. Benjolan yang besar biasanya berkepala kuning dan berisi nanah. Dan kadang-kadang terasa gatal dan sedikit nyeri pada benjolan tersebut.
Jerawat tidak boleh dibiarkan begitu saja, jika tidak akan mengganggu penampilan dan mengganggu keindahan wajah. Untuk itu harus dilakukan perawatan sebagaimana tips berikut;
1. Bersihkan kulit yang berjerawat minimal 2 kali sehari dengan sabun yang lembut dan air hangat.
2. Kurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak, tepung, gula dan makanan yang digoreng.
3. Kurangi juga minum teh, kopi, coklat dan yang mengandung alkohol.
4. Senam pagi di tempat yang tersinari matahari baik untuk tubuh.
5. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
6. Jangat memencet jerawat, karena dapat menimbulkan iritasi.
7. Menurut kata orang-tua jaman dulu, memakan daging cecak atau kadal dapat mencegah jerawat (untuk yang ini, penulis belum membuktikan, penulis belum pernah makan daging reptil).

Pengobatan jerawat bisa mnggunakan obat-obat kimia yang bisa diperoleh di apotik atau toko-toko. Tetapi akan lebih aman jika menggunakan bahan-bahan alami. Tips ini mungkin bisa membantu;

1. Serbuk belerang 1sdm dicampur dengan air mawar 2sdm, untuk masker wajah sebelum tidur.
2. Buah tomat yang telah masak 1 buah, dipotong dan digunakan untuk digosokkan pada kulit muka 2 atau 3 kali sehari.
3. Jeruk nipis dipotong dan digunakan untuk menggosok kulit muka 2 atau 3 kali sehari.
4. Buah belimbing wuluh 5 buah, dicuci lalu ditumbuk halus, dicampur dengan air garam secukupnya untuk menggososk muka yang berjerawat 1 atau 2 kali sehari.
5. Buah mentimun muda 1 buah dipotong, untuk menggosok muka 2 atau 3 kali sehari.
6. Rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan air bersih 4 gelas hingga air tinggal 1/4nya. Setelah dingin lalu diminum dengan madu secukupnya 2 atau 3 kali sehari @ ¾ gelas.

Tips mengobati jerawat dengan ramuan herbal;

1. Buah belimbing wuluh 6 buah, serbuk belerang ½ sdt, digiling halus dan dicampu air jeruk nipis 2sdm, digunakan untuk menggosok dan untuk masker muka. Dapat digunakan 2 atau 3 kali sehari.
2. 20 kuntum bunga melati, buah asam 2 jari, serbuk belerang 1 sdm. Semua bahan dicuci dan dirumbuk halus dan dicampur dengan air jeruk nipis 2sdm untuk menggosok dan sebagai masker muka yang berjerawat. Bisa digunakan 1 atau 2 kali sehari atau ketika akan tidur.

http://artis-indo-hot.blogspot.com/2009/08/cara-mengobati-jerawat-dengan-bahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar